Siklus
perkembangan koperasi di bagi menjadi 3 bagian yaitu koperasi konsumen,koperasi
kekeluargaan dan koperasi perusahaan
Koperasi
konsumen adalah koperasi yang beranggotakan para konsumen dengan menjalankan
kegiatan jual beli barang konsumsi di mana anggota koperasi sendiri menjual
barang konsumsinya kepada anggota kopersi lain .koperasi konsumen ini menandai
bahwa anggota koperasi itu merangkap sebagai produsen sekaligus konsumen. Atau bisa
di artikan bahwa anggota koperasi itu memiliki identitas ganda sebagai pemilik koperasi dan
pengguna jasa koperasi. Apabila koperasi konsumsi itu berjalan dengan baik dan
berkembang maka koperasi konsumsi tersebut berubah menjadi koperasi
kekeluargaan yang bertujuan untuk mensejahterakan anggota koperasi melalui laba dan keuntungan konsumen .selain
mensejahterakan anggota ,koperasi kekeluargaan inipun bertujuan untuk membangun
serta mengembangkan potensi dan
kemampuan ekonomi dimana potensi para anggota koperasi ini di kembangkan
melalui pengaplikasian produk – produk konsumen dimana hasil dari penjualan
produk tersebut menambah pundi - pundi ekonomi anggota koperasi sendiri.dengan
daya beli yang meroket tinggi maka anggota koperasi bisa memaksimalkan kreativitas
dan enterpreneurnya sendiri,sehinnga anggota koperasi kekeluargaan ini dapat
mengembangkan usaha koperasinya menjadi koperasi perusahaan (firm).tujuan dari
pendirian koperasi ini hanya untuk mendapapatkan laba saja beberda dengan
koperasi kekeluargaan maupun koperasi konsumen yang bertujuan untuk
kesejahteraan anggota.koperasi perusahaan ini membagi labanya berdasarkan andil
sebagai produsen (supply) atau konsumen (deman). Sehingga pembagian laba inipun
bisa di katakan adil ,menyeluruh dan terpisah.
0 komentar:
Posting Komentar